Breaking News
Loading...
13 June 2013

Data dan Informasi

13.6.13



Data dalam Bahasa Yunani disebut “δεδομένο” (dedoméno), yang artinya adalah data, fakta atau datum. Bentuk data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, angka, huruf, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian, atau suatu konsep.

Secara ilmiah, data adalah kumpulan dari fakta. Data kemudian diolah sedemikian rupa sehingga dapat dimengerti secara jelas dan tepat oleh orang lain yang tidak mengalaminya sendiri. Upaya pengolahan data tersebut disebut deskripsi. Dalam prosesnya data-data tersebut dipilah-pilah secara sistematis berdasarkan persamaannya atau perbedaannya. Proses pemilahan tersebut disebut klasifikasi. Hasil pengolahan data yang memiliki nilai tertentu dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya disebut informasi.

Data bisa dianggap sebagai objek dan informasi adalah suatu subjek yang bermanfaat bagi penerimanya.

Jika dicontohkan dalam perolehan grade suatu matakuliah seorang mahasiswa :
Data adalah nilai kehadiran, tugas, UTS dan UAS mahasiswa tersebut. Lalu data-data itu diproses secara sistematis sehingga menghasilkan Informasi berupa nilai grade.

Kesimpulan :
  1. Data adalah kumpulan fakta.
  2. Informasi adalah hasil pengolahan dari kumpulan data.
  3. Deskripsi adalah proses pengolahan data.
  4. Klasifikasi adalah proses pemilahan data secara sistematis dalam proses pengolahan data.


Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber lain.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer